Excavator, Alat Berat yang Handal

Pembangunan suatu proyek membutuhkan berbagai alat berat seperti bulldozer dan truk besar. Tiap alat berat memiliki fungsinya masing-masing. Selain kedua alat tersebut, terdapat excavator yang memiliki fungsi penting di awal pembuatan proyek. Istilah ini mungkin terdengar asing bagi sebagian besar orang yang tidak memahami tentang alat berat. Alat ini dikenal sebagai mesin pengeruk. Ia memiliki banyak kegunaan. Mulai dari menggali lubang hingga meratakan tanah atau suatu tempat. Banyak pekerjaan yang membutuhkan alat berat ini. Beberapa bidang pekerjaan yang dipastikan membutuhkan alat pengeruk diantaranya kontraktor, pertambangan dan lain sebagainya. Di Indonesia, alat ini lebih populer dengan nama Beko/Bego.

Berbagai macam tugas berat bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan Beko ini. Salah satu tugas utamanya alat berat ini adalah menggali saluran air ataupun lubang. Alat ini kerap difungsikan sebagai alat pengeruk. Ada banyak proyek yang memanfaatkan excavator diantaranya saluran air, pendirian pondasi bangunan hingga penggalian tambang. Tak hanya itu, parit atau gorong-gorong sekitar jalan raya pun digali dengan alat canggih ini. Seperti yang terlihat di beberapa kota besar dimana bego digunakan untuk mengeruk sungai. Tak sekedar menggali tanah, alat berat ini mampu meratakan tanah. Tanah yang akan dikerjakan untuk pembangunan atau proyek jalan haruslah datar. Adanya Beko ini menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin meratakan tanah demi kepentingan proyek pembangunan infrastruktur.

Alat berat ini bisa dibeli sesuai kebutuhan karena tersedia berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar. Meskipun ada yang berukuran mini, namun fungsinya tetap sama untuk mengeruk sebuah area. Alat berat yang berukuran kecil ini biasanya digunakan di area perkebunan. Sedangkan Beko berukuran besar dapat difungsikan di area pertambangan. Di area pembangunan infrastruktur atau pendirian proyek bangunan banyak ditemui beko dengan ukuran sedang karena praktis dan mudah dipindahkan. Tak hanya untuk proyek bangunan infrastruktur, alat keren ini terkadang digunakan untuk mengevakuasi korban bencana alam seperti banjir  atau tanah longsor. Excavator terdiri dari beberapa bagian yaitu alat keruk  (bucket), lengan dan bahu (arm).  Bagian bahu memiliki fungsi agar lengan bisa turun naik. Tujuannya agar arm bisa mengeruk secara sempurna. Sementara itu, bagian lengan ini berguna mengayunkan bagian buket sehingga bisa naik dan turun sesuai keinginan. 

Alat yang diciptakan di tahun 1983 ini juga mampu mengangkut barang dalam jarak tempuh dekat. Di sebuah proyek, angkat-mengangkat bahan material adalah hal yang biasa terjadi setiap harinya. Ada banyak barang yang bisa diangkat mulai dari batu hingga pasir. Keberadaannya yang multifungsi membuat alat berat ini sangat cukup laku keras di pasaran. Tak jarang, banyak pekerja konstruksi yang memanfaatkannya untuk memindah barang ke Dump Truck. Meskipun alat berat ini umumnya berukuran besar, namun dengan sedikit belajar Anda bisa mengoperasikannya. Tiap Beko memiliki tuas yang tidak sama. Sebab, tergantung seri dan merk yang Anda beli. Alat berat ini dapat difungsikan untukk turun, naik, bahkan berputar dengan derajat tertentu. Itulah hal yang harus Anda ketahui mengenai Excavator yang digunakan di Indonesia. Ternyata tak hanya berguna untuk proyek pembangunan, alat ini berguna pula untuk evakuasi korban bencana alam. Umumnya ada berbagai ukuran dan jenis. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan dana dan kebutuhan proyek yang ditangani. Semoga info tentang alat berat yang multifungsi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *