Alat Berat untuk Pekerjaan Jalan dan Fungsinya

Saat ini hampir semua kota di Indonesia memiliki jalanan beraspal. Jalan raya yang biasa Anda lalui dibuat oleh para pekerja yang telah berpengalaman di bidangnya dengan menggunakan berbagai alat-alat berat. Setiap alat berat untuk pekerjaan jalan mempunyai kegunaannya masing-masing. Harganya bervariasi sesuai dengan jenis alat berat yang dibeli. Jika Anda merasa penasaran dengan beberapa alat yang digunakan untuk membuat jalan, di bawah ini ada beberapa contoh alat beserta fungsinya yang sering digunakan di proyek pembuatan jalan.

Saat membuat proyek jalan beraspal di sebuah wilayah, para pekerja membutuhkan berbagai bahan bangunan mulai dari pasir hingga semen. Nah, untuk itu dibutuhkan Dump Truck. Alat berat untuk pekerjaan jalan ini berbentuk seperti truk pada umumnya. Namun, bagian belakangnya sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk memindahkan barang yang diangkut. Truk ini dimanfaatkan untuk membawa bahan material proyek jalanan beraspal seperti batu bata, semen, dan pasir. Dengan bantuan alat ini, seluruh material untuk proyek pembangunan bisa dibawa secara praktis.

Salah satu alat yang sering digunakan dalam pengerjaan jalan ialah Tamping Roller. Fungsi dari alat berat ini adalah membuat tanah baik itu tanah liat maupun pasir menjadi padat. Cara kerja alat berat ini unik yaitu dengan teknik peremasan dengan menggunakan roda di kaki mesin yang jumlahnya lebih dari satu roda. Meskipun bisa digunakan untuk memadatkan material tanah, namun ia tak bisa dipakai untuk memadatkan kerikil atau batuan kecil.

Selain Tamping Roller, alat berat untuk pekerjaan jalan ialah Excavator. Alat ini digunakan di awal pembuatan jalan beraspal. Fungsi utamanya yakni membersihkan area yang akan digunakan untuk pendirian proyek bangunan/jalan. Selain itu, alat berat ini dapat difungsikan untuk menggali serta menimbun tanah sesuai yang diinginkan.

Tak hanya excavator, Anda juga membutuhkan Buldozer saat membuat proyek jalan raya. Alat berat ini berguna untuk meratakan tanah di area yang akan dibuat jalan beraspal. Setelah area yang dibersihkan dari segala kotoran atau bahan material, tanah tersebut harus diratakan dengan Buldozer ini. Buldozer memiliki nama popular yaitu Dozer dan dijual dengan harga bervariasi. Sesuai merk dan kapasitasnya. Bentuknya besar dan banyak orang yang telah mengetahui alat berat ini. Ada lagi alat berat lainnya yaitu Asphalt Finisher. Mungkin Anda sudah bisa menebak kegunaan dari alat berat ini. Alat ini digunakan untuk menghamparkan atau meletakkan aspal yang sudah diolah sedemikian ke area jalan. Aspal yang digunakan sudah mencair yang mana sebelumnya dipanaskan dahulu.

Itulah beberapa alat berat yang biasa Anda temui di jalan saat ada proyek pengerjaan jalan beraspal. Tak dapat dipungkiri, jalan aspal sangatlah penting. Apalagi sebagian besar orang di Indonesia saat ini memiliki kendaraan baik motor atau mobil pribadi. Jalanan beraspal lebih nyaman untuk digunakan karena teksturnya yang halus dan tidak merusak roda kendaraan. Alat-alat ini bisa didapatkan di distributor terlengkap area Anda.

Proses pembuatan jalan memang bertahap dan tidak mudah. Bahkan, diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk membuat jalan raya beraspal yang baik. Oleh karena itu, diperlukan alat-alat berat yang beraneka ragam. Mulai dari pengukuran tanah hingga proses pemerataan aspal. Sebenarnya, ada banyak alat berat untuk pekerjaan jalan. Beberapa alat di atas hanyalah sebagian contoh yang sering ditemui di proyek pekerjaan jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *